Mengembalikan Firmware Asli 3G Wireless Router TL-MR3220 dari OpenWrt

No Comments
TL-MR 3220

Beberapa bulan memakai TL-MR3220 dengan OpenWrt sebagai bridge dari modem wifi speedy ternyata kurang memuaskan, seringkali putus, perkiraan saya karena perbedaan sistem dan mungkin hardware saya sudah bermasalah. Alih-alih memperbaiki akhirnya saya putuskan untuk kembali ke firmware asli TP-Link saja. Pada kasus ini, saya menggunakan kabel dari laptop ke port LAN Router TL-MR3220. Namun bila pembaca terpaksa harus menggunakan Wifi tidak masalah.

Berikut caranya:

1. Unduh firmware original TL-MR3220
Penting: Pastikan versi firmware sesuai dengan versi hardware. Rilis firmware v1.x tidak bisa diaplikasikan ke hardware ver 2.x, begitu juga sebaliknya. Jika salah flash firmware, bisa merusak harware TP-Link anda. untuk kasus saya, saya memakai hardware generasi pertama.

untuk menemukan versi hardware, silakan cek bawah body TL-MR3220 seperti gambar berikut:
Courtesy of TP-Link 
selanjutnya unduh firmware TL-MR3220 versi terbaru
*hardware Versi 1:
http://www.tp-link.com/en/support/download/?model=TL-MR3220&version=V1
*hardware Versi 2:
http://www.tp-link.com/en/support/download/?model=TL-MR3220&version=V2

Pilih firmware terbaru berdasarkan tanggal rilis lalu ekstrak hasil unduhan.

2. Masuk ke halaman Dashboard OpenWRT melalui browser
Masuk ke halaman System->Flash Firmware:
ilustrasi flash firmware
klik tombol choose file, lalu arahkan ke file binary dari firmware TL-MR3220. lalu klik tombol upload image. setelah itu klik tombol proceed untuk melanjutkan flash firmware. Proses tidak berlangsung lama. kira-kira 1-2 menit.

3. Cek Instalasi Firmware
Untuk mengetahui apakah TL-MR3220 sudah berhasil di flash dan berjalan, bisa dicek dari komputer klien sudah mendapatkan alamat IP atau belum. lalu coba tes koneksi ke Router.
ilustrasi cek alamat IP
yup, dari halaman tersebut laptop sudah mendapat alamat 192.168.1.100 dan sudah bisa terhubung ke router karena ping menunjukkan reply.

4. Atur ulang Router
seperti biasa, atur sesuai dengan kebutuhan melalui dashboard TP-Link di alamat 192.168.1.1. masukkan username default admin dan password admin.
ilustrasi masuk halaman dashboard TL-MR3220

Mudah bukan. selamat mencoba.
Referensi: