Prosedur Ganti Kartu SIM IM3 di Galeri Indosat (gratis)*

8 comments
Kurang lebih sudah lima tahun saya menggunakan kartu IM3 dari Indosat. Pada awalnya kartu tersebut pemberian dari ibu, karena memang saya beserta keluarga sepakat untuk menggunakan satu vendor produk untuk memudahkan komunikasi. Sejak saat itu juga saya enggan gonta-ganti kartu yang akhirnya justru menyulitkan komunikasi baik itu dari keluarga, teman maupun relasi.

Agaknya kesetiaan saya menggunakan kartu IM3 ini sedang diuji. Maklum lah namanya juga bagian dari perangkat elektronik, kartu saya mengalami kerusakan. Kecurigaan saya berawal dari beberapa kendala-kendala berikut selama beberapa pekan:
  • Nomor susah dihubungi dari luar, walaupun HP menyala 
  • Sering mendapat laporan gagal ketika mengirim SMS (Failed) 
  • Internet Putus nyambung (tidak stabil) 
  • Sinyal 3G tidak stabil, beberapa kali hilang sinyal
Beberapa upaya sudah saya lakukan antara lain:
  • Memasang kartu di Handphone lain 
  • Memasang kartu di Modem
Hasilnya Nihil. Masih terkendala ketika digunakan untuk berkirim pesan maupun berinternet. Akhirnya saya putuskan untuk mengadukan kendala saya ini yang saya rangkum dalam 4 hari kronologi:
Hari ke-1 
Saya mengadukan kendala ke halaman kontak aduan produk Indosat di
http://www.indosat.com/enquiry
Pada halaman tersebut terdapat beberapa field yang harus diisi seperti nama, nomor handphone, alamat email,alamat rumah jenis aduan serta keterangan aduan.
Hari ke-2
Setelah satu hari form terkirim, saya mendapati balasan melalui email yang isinya kira kira berupa permintaan pihak indosat kepada saya untuk menyediakan beberapa informasi terkait tindak lanjut dari kendala yang saya alami. Diantaranya lokasi dimana saya kehilangan sinyal serta kronologis kejadian.
Hari ke-3 
saya sempat di telfon Technical Support dari Indosat yang sampai meninjau lokasi. Sayangnya saat itu saya sedang diluar kota, sehingga tidak bisa bertatap muka untuk menyampaikan kendala yang saya hadapi. Setelah berbincang-bincang beberapa saat dengan Technical Support tersebut saya disarankan untuk mengganti kartu ke Galeri Indosat terdekat.
Hari ke-4
Saya putuskan saya putuskan untuk menuju Galeri indosat di Yogyakarta yang beralamat di Jl. Sudirman No. 32. Setelah sampai dilokasi saya langsung diarahkan ke bagian Quick service untuk pergantian kartu. Pelayanannya cepat, sekitar 5 menit saya sudah mendapatkan kartu indosat yang baru.
Kartu baru Indosat, saya minta potong sekalian menjadi microsim (gratis)
Pelayanan ganti kartu ini GRATIS, termasuk memotongnya menjadi microsim agar bisa masuk di handphone saya. Namun ada CATATAN dari mas-mas Quick Service yaitu apabila kartu saya ingin langsung aktif, saya diharuskan mengisi pulsa senilai 25ribu melalui voucher di lokasi. Apabila saya tidak sekalian mengisi pulsa maka kartu saya baru bisa aktif keesokan harinya. *you know what they mean :)*. Demi kelancaran komunikasi saya putuskan membeli voucher tersebut, toh pulsanya juga masuk ke Hancphone saya lagi. Oiya, ternyata pergantian kartu ini tidak merusak paket berlangganan seperti paket internet maupun program tertentu yang telah diikuti sebelumnya. Pulsa saya juga masih utuh. 
Setelah saya melakukan penggantian kartu baru, sampai saat ini saya tidak mengalami kendala-kendala seperti sebelumnya.
Jadi bagi rekan pembaca yang mengalami kendala serupa silakan langsung menuju Galeri Indosat terdekat di kota anda. Daftar Galeri Indosat terdekat bisa ditemukan disini:
http://www.indosat.com/FAQ/Galeri_Indosat
Sekian, semoga bermanfaat.