Mengganti resolusi "Unknown Display" di Ubuntu 12.04

Beberapa waktu yang lalu saya menemui sedikit kegalauan saat memasang Ubuntu 12.04 di komputer pinjaman dari teman saya. Sebenarnya sederhana, Ubuntu 12.04 tidak dapat mengenali LCD display SAMSUNG 230TSn. 

Pada menu Display Setting, LCD Display  hanya terbaca sebagai "Unknown" dengan Resolusi maksimal pada 1024*768px. Idealnya layar ini bisa mencapai resolusi Full-HD (1920*1080px).
Tadinya saya pikir masalah berasal dari driver VGA intel HD3000 yang belum terpasang. padahal sebenarnya driver VGA intel sudah native built di kernel linux.
Saya sempat terkecoh dengan ketidakhadiran tulisan detail kartu grafis yang digunakan di menu System Setting >Details. 

untuk kasus ini cukup ditangani dengan memasang paket mesa-utils, berikut caranya:
~$ sudo apt-get install mesa-utils
saya fikir sampai disini permasalahan selesai,akan tetapi sepertinya saya memang belum beruntung karena LCD display yang saya gunakan masih belum bisa dikenali #hakdes.
Berikut spesifikasi hardware yang saya pasang Ubuntu:
  • Processor : Intel(R) Core(TM) i5-2400 CPU @ 3.10GHz
  • Graphic    : Intel® Sandybridge Desktop x86/MMX/SSE2
  • RAM         : 4 GB
  • HDD         : 2 TB
  • Display      : SAMSUNG 230TSn
Setelah mendapat beberapa jamu di sini, sini, sini dan disini , akhirnya LCD Display tersebut bisa mencapai resolusi Full-HD. berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

1. Buka terminal lalu ketik
~$ xrandr
tampak pada gambar, resolusi maksimal pada Output VGA1 hanya mencapai 1024*768 dengan refresh rate 60Hz

2. hitung cvt resolusi yang diinginkan
Pada kasus saya menggunakan resolusi 1920*1080px (16:9). Saya juga ingin menambahkan resolusi yang lain yakni 1366*768px (16:9) dan 1600*900px (16:9) sebagai resolusi tambahan.
Menurut manual page-nya, cvt adalah 
"is  a utility for calculating VESA Coordinated Video Timing modes. Given the desired  horizontal  and  vertical  resolutions,  a  modeline adhering  to the CVT standard is printed. This modeline can be included in Xorg xorg.conf."
sudah sudah, saya juga enggak paham haha...langsung saja ketik
~$ cvt 1366 768
~$ cvt 1600 900
~$ cvt 1920 1080
nanti akan tertampil nilai seperti berikut:
nb: hasil dari perhitungan cvt ini menggunakan refresh rate 60 hz (default), jika ingin menggunakan refresh rate yang lain misal 85 Hz maka perintahnya sebagai berikut, misal untuk resolusi 1920x1080
~$ cvt 1920 1080 85
3. Tambahkan resolusi tersebut menggunakan perintah dibawah ini
*buat mode resolusi dengan nilai Modeline yang baru (1920x1080 dg refresh rate 60Hz)
~$ xrandr --newmode addnew "1920x1080_60.00"  173.00  1920 2048 2248 2576  1080 1083 1088 1120 -hsync +vsync
*tambahkan mode resolusi tersebut beserta output port agar bisa digunakan langsung.
~$ xrandr --addmode VGA1 1920x1080_60.00
langkah tersebut juga berlaku untuk resolusi yang lain.Bila sampai disini jika tidak ada eror maka resolusi sudah bisa di ganti ke Full-HD melalui menu System Setting, Sayangnya ini hanya bersifat SEMENTARA : 3 

4. karena saya ingin settingan resolusi tersebut tersedia secara PERMANEN maka saya masukkan nilai masing-masing Modeline ke file  /usr/share/X11/xorg.conf.d/10-monitor.conf menggunakan editor kesayangan:
~$ sudo gedit  /usr/share/X11/xorg.conf.d/10-monitor.conf
dengan format sebagai berikut:
sebagai catatan kata "intel" yang diblok merupakan jenis hardware grafis yang saya gunakan. jika anda mendapati kartu grafis nVidia tinggal ganti baris intel tersebut menggunakan "nvidia".

4. simpan dokumen dan restart Ubuntunya.
sekarang LCD Display sudah bisa digunakan dengan resolusi sesuai yang saya inginkan.

5. untuk lebih mantapnya cek lagi menggunakan xrandr
~$ xrandr
baris yang saya blok putih itu adalah resolusi aktif saat ini yang mana bertanda "*".

6. sekian,semoga bermanfaat.

*Update*
- Sangat disayangkan,LCD Dislay Sharp Aquos 21 inch tidak mendukung resolusi Full-HD dengan refresh rate 60 Hz, tapi hanya bisa mendukung dengan refresh rate 50 Hz itu pun tidak fullscreen, anda tahu kan dimana harus merubahnya hehe : )