pasang aplikasi .deb dengan GDebi Package Installer di Ubuntu 11.10

No Comments
Rempong! ketika punya master aplikasi berektensi .deb, yang mana kalau di Ubuntu 11.10 saat file tersebut diklik 2x (maksudnya mau diinstall), maka Otomatis akan diInstall menggunakan Ubuntu Software Center (USC). menurut saya USC itu lambat,terlebih spek laptop saya
jadul, jadinya saya lebih sering memakai terminal untuk memasang berkas installer .deb semacam ini. 

saya jadi teringat ketika dulu memakai Ubuntu 10.04 masih bisa pakai GDebi, sebuah Frontend .deb Packages Installer yang cukup ringan dan cepat. sayang sekali dirilis terbaru Ubuntu 11.10, GDebi tidak diIkutkan, mungkin karena pertimbangan USC lebih User Friendly dengan fitur +nya yakni sebagai client market Store semacam iTunes Store dengan Appstore nya.
saya jadi iseng buka terminal
~$ sudo apt-get install gdebi
hore ternyata bisa :D
langsung saja saya beraksi dengan file .deb yang saya unduh dari

file hasil downloadan, klik kanan, openwith GDebi package
Installer

tinggal klik Install package

selesai
coba rasakan perbedaannya dengan USC
hidup GDebi :D

selamat mencoba

0 Komentar

Posting Komentar