Mount partisi NTFS di Debian Wheezy

No Comments
Di tulisan sebelumnya pernah saya tulis tentang mounting partisi NTFS secara otomatis di Ubuntu. Kali ini saya coba di Debian. Sebenarnya secara teknis sama, hanya saja di Debian Wheezy saya harus memasang paket ntfs-3g terlebih dahulu karena memang belum disertakan, sehingga pada kondisi normal user biasa (saya) harus memasukkan password root hanya untuk sekedar membaca data. repotnya ternyata saya tidak bisa menulis ke hardisk. hemmm... berikut jamunya :
1. Pasang paket ntfs-3g
$ sudo apt-get install ntfs-3g
2. Mount partisi NTFS ke mount point yang ditentukan
misal partisi /dev/sda5 dengan mount point di /media/DATA
$ sudo mount -t ntfs-3g /dev/sda5 /media/DATA/
Catatan:ini hanya bersifat sementara, karena saya ingin partisi tersebut termounting otomatis setiap kali booting, maka saya harus menambahkan baris berikut di berkas /etc/fstab
3. Edit berkas fstab untuk mounting otomatis setiap kali booting
$ sudo nano /etc/fstab
lalu masukkan baris berikut:
/dev/sda5 /media/DATA ntfs-3g defaults 0 0
simpan dengan Ctrl+O lalu reboot dan voila :)
selamat mencoba. semoga bermanfaat.

Referensi:
[1] http://beginlinux.wordpress.com/2009/03/18/mounting-an-ntfs-drive-in-debian/

0 Komentar

Posting Komentar