Cara blokir injek iklan speedy

Preface
Bagi anda pelanggan speedy seperti saya, pasti anda sering menemui beberapa halaman web yang kita buka disisipi iklan seperti gambar dibawah ini:

Beberapa orang mungkin hanya mengeluhkan ketika browsing terasa lambat, atau mungkin sampai tidak bisa membuka suatu halaman, tanpa mengindahkan keberadaan iklan script injekan tersebut. Mengganggu? bagi saya iya, karena iklan yang muncul tidak sesuai dengan preferensi saya. Yang lebih kasihan, si pemilik website yang sedang dibuka dikira si biang kerok iklan tersebut. kan kasihan sudah di su'udzoni oleh pengunjung hehe.

Keresahan serupa juga dialami oleh banyak pengguna speedy yang lain seperti pada halaman ini. Lalu, saya coba iseng googling menggunakan kata kunci "iklan speedy mengganggu", hasilnya banyak link berisi keluhan serupa, dan bahkan sudah dibuat petisi penghapusan injek iklan melalui website change.org.

Yah,walaupun begitu, hal ini merupakan bagian dari marketing dan praktek monetizing dari telkom speedy, yang mungkin sudah dicantumkan dalam ketentuan penggunaan produk dari telkom speedy, mungkin (*karena saya cari2 klausa disclaimer tersebut tapi belum ketemu, kalau ada yang nemu kabari saya ya).

Dibalik itu, tetap saja pelanggan menginginkan servis prima, kita bayar tagihan perbulan lho bung.

Cara blokir skrip injek iklan speedy
Berdasarkan informasi yang saya peroleh, skrip iklan ini menginfeksi komponen tag <body> dari website. Iklan yang muncul tersebut di afiliasikan oleh telkom speedy ke cfs.u-ad.info. Berbekal petunjuk dari kaskus dan hasil jalan-jalan di beberapa website disini, disini dan disini, dapat saya rangkum beberapa cara menangkal/blokir iklan tersebut:

1. Melaporkan cfs.u-ad.info sebagai Spam
 Cara melaporkan sebagai spam bisa dengan mengakses halaman berikut:
https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport
 
2. Blokir melalui file hosts
Cara ini hanya memblokir skrip injek pada komputer lokal saja. untuk memblokirnya buka file hosts lalu tambahkan url u-ad.info sebagai link loopback ke localhost. Bagi pengguna windows, bisa di buka di
C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts
Bagi pengguna Linux atau Mac bisa dibuka di /etc/hosts.
Masukkan baris berikut:
127.0.0.1             cfs.u-ad.info
Simpan dan lihat perbedaannya.

3. Blokir dari Modem ADSL Speedy
Di beberapa seri modem ADSL Speedy terdapat fitur Filter URL yang bisa digunakan untuk memblokir iklan tersebut. Caranya dengan membuka halaman Admin dari modem ADSL Speedy, lalu masuk ke menu Access Management>Filter>Filter Type Selection dipilih URL Filter masukkan:
http://cfs.u-ad.info

lalu Klik Save. Dengan blokir melalui filter ini seluruh komputer di jaringan lokal Modem ADSL akan terlindungi dari iklan. cara ini saya terapkan :)

4. Bagi pemilik website
- Menyisipkan spasi pada tag </body> menjadi </body >
- Menambahkan tanda komentar sebelum tag <body> menjadi <!--<body>
- bagi anda yang memiliki blog berbasis wordpress atau joomla, bisa menggunakan JavaScript dan penyandian Base64 untuk menggantikan tag body:
script type="text/javascript" src="data:text/javascriptbase64,PC9ib2R5Pg==">
- Menggunakan sertifikat SSL untuk mengamankan koneksi ke domain anda.

Sekian, semoga bermanfaat.

Referensi: