Mengatasi pesan kesalahan (Error Message) “hda-intel: spurious response 0×0:0×0, last cmd=0×000000 ″ pada Linux Ubuntu 10.04

No Comments

Spesifikasi perangkat keras yang beragam menjadi tantangan tersendiri bagi Tim JGOS untuk memasang Linux Ubuntu di semua Unit Komputer seluruh Puskesmas di kota Yogyakarta.
Berikut salah satu permasalahan yang pernah muncul pada Komputer yang telah dipasang Linux Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. 
pesan kesalahan (Error Message) tersebut muncul pada komputer dengan Chipset berbasis Intel D945, yang mana hal tersebut dikarenakan adanya kekurangan (bug) pada kernel Linux itu sendiri.
Saat komputer dihidupkan pesan kesalahan itu tidak mau berhenti (looping)  sehingga kita tidak bisa masuk ke Jendela utama Desktop Linux Ubuntu.
Untuk beberapa kesempatan langkah menghidupkan ulang paksa (Restart) komputer dengan menekan tombol Restart bisa menyelesaikan masalah, akan tetapi lebih banyak tidak bisanya. Perlu diketahui juga bahwa sering memaksa menghidupkan ulang komputer bisa menyebabkan Checkdisk berkala pada Ubuntu, hal ini terjadi karena Ubuntu mendeteksi terjadi kesalahan pada Hardisk komputer, sehingga muncul pesan seperti berikut ini: 


Checkdisk ini memakan waktu yang relatif lama dan bisa sampai berjam-jam, kalau di batalkan (Cancel) maka akan muncul lagi pesan serupa ketika komputer dihidupkan.
“hda-intel: spurious response 0×0:0×0, last cmd=0×000000″
Sekilas dari pesan tersebut, kesalahan berada pada Kartu Suara (Sound card)  seperti yang banyak diperbincangkan di Forum-forum Linux.
untuk kasus ini anda cukup masuk ke menu BIOS (Basic Input Output System), lalu arahkan ke bagian Advance dan atur agar sesuai dengan gambar berikut ini:

setelah itu simpan pengaturan BIOS anda lalu coba hidupkan ulang komputer anda.
semoga bermanfaat.